1. Tangkai Sapu Ajaib
Tujuan
Memberi kesempatan kepada peserta untuk saling mengenal
lebih jauh lagi.
Bahan
Satu tangkai sapu.
Langkah-langkah
- peserta membentuk lingkaran, tangkai sapu di letakan di
tengah lingkaran.
- peserta di minta membawakan satu macem karakter.
Tangkai sapu di mainkan sebagai benda yang ada hubungannya dengan karakter
yang di bayangkan, bukan sebai tangkai sapu.
- mereka di minta maju satu persatu ke tengah lingkaran
untuk memperagakan karakter yang di bayangkan tersebut.
- para peserta yang lain di suruh menerka identitas
karakter yang sedang di peragakan.
- seluruh peserta harus mendapat kesempatan memperagakan
karakter khayalannya.
Perhatian
Latihan ini di maksudkan sebagai latihan agar peserta dapat
menggunakan tubuhnya untuk menampilkan karakter khayalan. Spontanitas dan
ketelitian harus di usahakan terus berkembang. Jangan ada dua karakter
permainan yang sama. Kalau para peserta melihat satu karakter yang sama dengan
yang sudah di peragakan, yang sedang memperagakan itu di minta untuk mengganti
karakternya.
Variasi
- para peserta boleh memperagakan sebanyak mungkin
karakter yang mereka inginkan.
- di saat seorang peserta memperagakan satu karakter,
peserta yang lain boleh ikut main dengan karakter itu.
- boleh menggunakan lebih dari satu benda, misalnya,
tangkai sapu dan kain lap. Tergantung kapasitas para peserta.
(bila kelompok dapat menyekesaikan
tugasnyasebelum hitungan ke 10 mereka boleh langsung jongkok untuk menunjukan
bahwa mereka telah selesai melakukan tugas).
2. Menggambar Wajah
Tujuan
- membantu peserta untuk memandang langsung ke dalam mata
pasangannya, saling mengenal cirri-ciri wajahnya, dengan harapan hal ini
bias membantu proses untuk saling terbuka dan tidak lagi kikuk satu dengan
yang lainnya.
- Melatih peserta satu cara sederhana menggambar dan
menghilangkan perasaan peserta bahwa mereka tidak mampu menggambar.
Langkah-langkah
- dengan sehelai kertas setiap pasangan saling berhadapan
dan mulai menggambar wajah pasangannya. Bisa mulai dari mana saja
tetapi tidak boleh melihat kertas sama sekali.
- Gerakan tangan mengikuti arah gerak pandangan dan
menelusuri garis wajah pasangannya.
- Setelah selesai menggambar, masing-masing pasangan
mewawancarai pasangannya, mengenai nama, tempat tinggal, pekerjaan, umur,
keluarga, dan sebagainya waktunya cukup 5 menit saja untuk tiap
peserta.
Kemudian setiap pasangan tampil di depan
kelompok memperkenalkan pasangannya dengan cara menunjukan gambar pasangannya
menyebutkan: “nama saya ….(nama pasangan), tempat tinggal …., dst.
3. Rantai Nama
Tujuan
Permainan ini dimaksudkan bagi kelompok yang saling kenal
nama masing-masing,agar lebih akrab,serta memberipengalaman didepan forum.
Langkah-langkah
- peserta bersama pemandu berdiri dalam lingkaran.
- Pemandu menjelaskan aturan permainan sbb :
Salah seorang menyebutkan namanya dengan suara keras agar
terdengar oleh setiap peserta, kemudian peserta yang berdiri disebelahnya (kiri
/ kanan ) menyebutkan nama peserta pertama tadi ditambah dengan namanya sendiri.
Peserta ketiga menyebutkan nama pesrta pertama dan kedua ditambah dengan
namanya sendiri, begitu seterusnya sampai selesai.
- proses ini diulangi lagi dengan arah berlawanan, di
mulai dari peserta terakhir menyebutkan rantai nama tersebut.
Variasi
Buat lingkaran, setiap peserta bergiliran
menyebutkan nama panggilan, umur, tempat asal, pekerjaan, lalu peserta lain
menirukan begitu seterusnya sampai selesai satu putaran. Putaran ke dua, semua
peserta mengulangu lagi secara bersama-sama data pribadi tersebut, dengan
urutan seperti semula.
4. Perkenalan Rahasia
Peralatan
: Kain yang lebar (sprei)Jumlah pemain : semua pemain masuk dalam regu
Waktu : 10 menit
Tujuan : Saling mengenal nama
Peserta dibagi dalam 2 kelompok. Kedua regu saling berhadap-hadapan. Tetapi
diantara kedua regu itu dibentangkan kain yang lebar, sehingga kedua regu tidak
dapat saling melihat. Permainannya ialah : setiap regu menentukan wakilnya
untuk menebak wakil kelompok lain tetapi juga ditebak. Wakil kedua kelompok
berlutut berhadapan. Agar supaya lebih seru para pemain ini boleh saling
memperlihatkan kaki atau sepatu. Pemimpin menghitung sampai 3 dan pada hitungan
ketiga itu kain diturunkan tiba-tiba. Kedua wakil itu harus adu cepat untuk
menebak siapa wakil lawannya.Wakil regu yang cepat menebak dengan tepat,
mendapatkan angka untuk regunya.
5. Mencari Dengan
Diam
Peralatan :
Perangko
Jumlah pemain : berapa saja
Waktu : bervariasi, tergantung jumlah pemain dan kemampuan mengobservasi
Tujuan : - Melatih kemampuan mengobservasi
- Memupuk inisiatif
Sebuah perangko ditempel di suatu tempat dalam ruangan pertemuan sebelum para peserta datang/tiba. Instruksinya : Tiap peserta harus mencari perangko tersebut dan bila mereka telah melihatnya, mereka harus duduk diam dan tidak boleh berkata apa pun. Akan sangat lucu memperhatikan peserta-peserta terakhir. Dan tentu saja peserta yang paling akhir duduk adalah yang kalah. (permainan ini dapat juga dimainkan di luar ruangan).
Jumlah pemain : berapa saja
Waktu : bervariasi, tergantung jumlah pemain dan kemampuan mengobservasi
Tujuan : - Melatih kemampuan mengobservasi
- Memupuk inisiatif
Sebuah perangko ditempel di suatu tempat dalam ruangan pertemuan sebelum para peserta datang/tiba. Instruksinya : Tiap peserta harus mencari perangko tersebut dan bila mereka telah melihatnya, mereka harus duduk diam dan tidak boleh berkata apa pun. Akan sangat lucu memperhatikan peserta-peserta terakhir. Dan tentu saja peserta yang paling akhir duduk adalah yang kalah. (permainan ini dapat juga dimainkan di luar ruangan).
. 6. Dalam
Kolam
Peralatan : Sebatang kapur
Jumlah pemain : bebas
Waktu : biasanya 10-15 menit
Tujuan : - Melatih kecepatan/refleks
- Sebagai unsure hiburan
Anak-anak berdiri membentuk lingkaran dan di depan mereka digambar garis dengan kapur. Tiap anak harus menyentuh garis tersebut. Bila ada perintah “diair”, maka tiap orang melompat dengan kedua kakinya bersama-sama, masuk ke garis lingkaran. Bila perintahnya “didarat”, maka tiap anak melompat mundur. Perintah yang diberikan harus bervariasi, “diair, didarat, diair, diair”. Satu atau dua orang anak akan melompat dan jelas mereka akan dikeluarkan. Permainan ini cukup popular dan menyenangkan.
0 Komentar untuk "Materi Permainan Pramuka siaga 2"