Kelas go Blog

Pengetahuan,Pendidikan, dan Informasi

Pengertian grafik dan contohnya

Grafik adalah suatu visualisasi table, yang dimana table tersebut berupa angka–angka yang dapat disajikan ataupun dapat ditampilkan ke dalam bentuk gambar.  Atau definisi grafik yang lainnya yaitu sebagai suatu kombinasi antara angka, huruf, simbol, gambar, lambang, perkataan, lukisan, yang disajikan satu media untuk memberi konsep maupun ide dari pengirim kepada sasarannya dalam proses menyampaikan maklumat.
Ada juga pengertian Grafik yang kedua yaitu merupakan suatu rangka untuk membentuk Objek visualisasi table. Table yang terdiri dari angka-angka dapat disajikan atau dapat ditampilkan ke dalam bentuk gambar, bisa dalam berbentuk garis, lingkaran, batang dll.
Dan definisi yang ketiga yaitu gambaran dari pasang surutnya suatu keadaan atau data yang ada dengan garis ataupun gambar. Grafik dibedakan menjadi 3 (tiga) macam, diantaranya yaitu grafik: batang, garis, dan lingkaran
Berikut adalah penjelasan mengenai ke 3 macam grafik diatas :
  1. Grafik Batang
Grafik batang adalah grafik data berbentuk persegi panjang yang lebarnya sama dan dilengkapi dengan skala atau ukuran sesuai dengan data yang bersangkutan. Grafik batang umumnya digunakan untuk menggambarkan perkembangan nilai suatu objek penelitian dalam kurun waktu tertentu. Diagram batang menunjukkan keterangan-keterangan dengan batang-batang tegak atau mendatar dan sama lebar dengan batang-batang terpisah. Perhatikan contoh berikut ini.

Grafik batang pada dasarnya sama fugsinya dengan grafik garis yaitu untuk menggambarkan data berkala. Grafik batang juga terdiri dari grafik batang tunggal dan grafik batang ganda.
  • Grafik Batang Tunggal
              Yaitu Grafik yang terdiri dari satu garis untuk menggambarkan suatu hal/kejadian .
  • Grafik Batang Ganda
         Yaitu Grafik yang terdiri dari beberapa garis untuk menggambarkan beberapa hal/kejadian sekaligus.

          2.   Grafik Garis
Diagram garis adalah penyajian data statistik dengan menggunakan diagram berbentuk garis lurus. Diagram garis biasanya digunakan untuk menyajikan data statistik yang diperoleh berdasarkan pengamatan dari waktu ke waktu secara berurutan.
Sumbu X menunjukkan waktu-waktu pengamatan, sedangkan sumbu Y menunjukkan nilai data pengamatan untuk suatu waktu tertentu. Kumpulan waktu dan pengamatan membentuk titik-titik pada bidang XY, selanjutnya kolom dari tiap dua titik yang berdekatan tadi dihubungkan dengan garis lurus sehingga akan diperoleh diagram garis atau grafik garis.


      3.   Grafik Lingkaran
Diagram lingkaran adalah penyajian data statistik dengan menggunakan gambar yang berbentuk lingkaran. Bagian-bagian dari daerah lingkaran menunjukkan bagian bagian atau persen dari keseluruhan. Untuk membuat diagram lingkaran, terlebih dahulu ditentukan besarnya persentase tiap objek terhadap keseluruhan data dan besarnya sudut pusat sektor lingkaran.

Nah itulah tadi penjelasan tentang grafik. Kemudian coba kalian kerjakan soal mengenai grafik di bawah ini.
Coba lihat tabel di bawah ini,

Tabel Data Buah-buahan yang Disukai di Kelas IV (Jumlah Siswa: 43)
*Setiap siswa hanya boleh memilih 1 jenis buah

No
Buah – buahan
Jumlah siswa yang menyukainya
1.
Pisang
14
2.
Pepaya
8
3.
Apel
10
4.
Jeruk
4
5.
Melon
7

Buatlah grafik batang dari data tadi pada bagan berikut. Kamu dapat mewarnai setiap batang dengan warna yang berbeda menggunakan pensil warna. Beri keterangan sesuai data yang ada.

Selamat mencoba dan belajar.
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Pengertian grafik dan contohnya"

 
Copyright © 2015 Kelas go Blog
Template By Kunci Dunia
Back To Top